Letjen TB Silalahi Akan Dimakamkan Di Hall Of Silence Balige

oleh -241 views

BeritaObserver.Com, Jakarta–Sempat dirawat di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Letnan Jenderal (Purn) Dr (HC) Tiopan Bernhard Silalahi SH akhirnya menghembuskan nafasnya terakhirnya, Senin (13/11/2023), pukul 20.19 WIB malam.

Almarhum Letjen TB Silalahi dikabarkan meninggal dunia di usia 85 tahun.

Menurut informasi jenazah disemayamkan di Rumah Duka Ruang Sentosa RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Senin (13/11)

Rencananya Letjen TB Silalahi akan dimakamkan di kampung halamannya di Balige, di dekat Museum Batak. Tepatnya Hall Of Silence di TB Silalahi Center, Balige

Sejumlah acara penghormatan terhadap TB Silalahi akan dilakukan di rumah duka Gatot Subroto, Jakarta. Tercatat sejak mulai Selasa malam dimulai acara penghiburan, Martonggo Raja, Rabu, dilanjutkan acara penghiburan, dan Kamis acara keberangkatan dilanjutkan penghormatan terakhir secara militer di Garnisun.

Berdasarkan catatan Wikipedia, TB Silalahi tercatat lahir 17 April 1938 di Desa Soposurung, Balige, Kabupaten Toba.

Kemudian TB Silalahi diterima masuk tentara dan menyelesaikan Akademi Militer Nasional AMN) tahun 1961.

Pria yang aktif terlibat dalam pembuatan film layar lebar berjudul Toba Dream dan Merah Putih Memanggil mengawali karir militernya sebagai Danton Yonkav 4 Siliwangi dalam operasi Kamdagri di Jawa Barat (1962).

Selanjutnya dipercaya sebagai Wadanki dalam operasi Kamdagri di Sulawesi Selatan (1963-1965) bersamaan dengan Operasi Dwikora.

Kemudian dipercaya sebagai Danyonkav 8 Tank Kostrad (1972), berlanjut ke Timur Tengah sebagai pasukan PBB pada perang Oktober 1973 antara Israel dan Mesir sebagai Camp Commandant UNEF Middle East di Kairo.

Letjen yang dikenal murah hati ini dipercaya sebagai Dosen Sesko AD (1974), Asops Kasdam XIV/Hasanuddin di Ujung Pandang (1978), Kasdam VII/Diponegoro (1982).

Terakhirnya ditunjuk menjadi Asisten Perencanaan dan Anggaran KASAD (1986) dengan pangkat Mayor Jenderal TNI.

Presiden Soeharto pernah menunjuknya sebagai Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VI.

Foto Sumber: Tribunmedan (REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *