Aksi Mandi Beras Berujung Pemecatan, FSBPP Menolak!

oleh -133 views

BeritaObserver.Com-Jakarta–Federasi Serikat Buruh Patriot Pancasila (FSBPP) menolak pemecatan yang dilakukan pihak Bulog terhadap aksi tidak terpuji yang dilakukan buruh lepas berinisial I yang berguling-guling atau mandi beras di Gudang Bulog Banjar Kemantren 2 Surabaya.

Aksi tersebut langsung viral di media sosial (Medsos).

“DPP SBPP dengan tegas menolak pemecatan buruh yang melakukan pihak Bulog. Kesalahan dalam melaksanakan tugasnya tidak bisa langsung dipecat, kecuali buruh terbukti melakukan tindak pidana yang telah berkekuatan tetap,”kata Ketua umum FSBPP, Mangatur Nainggolan, SE, SH, MM, MH dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis (28/12).

Menurutnya, sanksi pemecatan tidak berperikemanusiaan, karena selain buruh kehilangan pendapatan, sumber ekonomi keluarga bisa hilang dan berdampak pada anak, isteri Buruh yang di PHK.

Menurut pengacara yang dikenal tegas ini, sebaiknya pihak Bulog melakukan penyelidikan mendalam apa motivasi Buruh melakukan hal itu? Bagaimana sanksi dalam perjanjian kerja jika Buruh melakukan kesalahan?

Memang bila dilihat dari tindakan buruh berguling diatas beras, sambungnya, bisa berdampak pada kerugian Bulog (persepsi masyarakat) karena beras kan untuk dikonsumsi masyarakat.

“Tapi kan jauh lebih baik bila dilakukan pembinaan dan sanksi yang dilakukan lebih manusiawi, misalnya dengan skorsing, permintaan maaf terbuka dan lain-lainnya.

“Kami dari Federasi Serikat Buruh Patriot Pancasila menolak tindakan pemecatan Buruh bila tidak melalui proses hukum yang telah berkekuatan hukum tetap,”pungkasnya tegas.

Sebelumnya, video seorang pria bermandikan beras di Surabaya, ramai diperbincangkan di media sosial.

Dalam video tersebut terlihat seorang pria bertopi tanpa mengenakan atasan tampak tidur sambil berguling-guling di atas tumpukan beras.

Dia terlihat tersenyum saat diguyur beras oleh temannya Di sisi lain, tampak pekerja lainya tengah mengemas beras di dalam karung yang bertuliskan ‘Beras Bulog’.

Sebagian besar di antara mereka juga terlihat tidak mengenakan baju.

“Mlebu (masuk) TikTok wes,” kata salah seorang pria dalam video yang dibagikan akun X @Pai_C1, Selasa (25/12/2023)

Sumber Foto: Instagram@terangmedia (REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *