Antisipasi Persoalan Hukum, Jampidmil Kejagung Siap Sinergi Dengan TNI AL

oleh -42 views

“Kami melalui jajaran Asisten Pidana Militer Kejaksaan Tinggi di daerah akan siap berkoordinasi dengan instansi/satuan militer Angkatan Laut di wilayah setempat untuk dapat mengantisipasi permasalahan di wilayah laut terutama dalam bidang penegakan hukum,” kata JAM-Pidmil,Mayjen TNI Dr. W. Indrajit 

BeritaObserver.Com, Jakarta—Antisipasi persoalan hukum perkara terkait aset milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut, jaksa Agung Muda Pidana Militer Kejaksaan Agung siap memberikan pendampingan hukum diseluruh Indonesia.

Dalam audensi antara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Jaksa Agung Muda Pidana Militer (JAM-Pidmil) Mayjen TNI Dr. W. Indrajit kedua belah pihak sepakat meningkatkan kerjasama dalam pemanfaatan sumber daya di bidang penegakan hukum di Wisma Elang Angkatan Laut, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/6)

Adapun sebelumnya, Kejaksaan RI telah menjalin perjanjian kerja sama dengan TNI yang tertuang dalam MoU Nomor 4 Tahun 2023 atau Nomor: NK/6/IV/2023/TNI tentang Kerja Sama dalam Pemanfaatan Sumber Daya dan Peningkatan Profesionalisme di Bidang Penegakan Hukum.

JAM-Pidmil menyampaikan bahwa Para Kepala Kejaksaan Tinggi dan Para Asisten Pidana Militer pada Kejaksaan Tinggi yang ada di wilayah siap berperan aktif dalam membangun relasi kelembagaan dengan instansi/satuan militer yang ada di wilayahnya.

“Kami melalui jajaran Asisten Pidana Militer Kejaksaan Tinggi di daerah akan siap berkoordinasi dengan instansi/satuan militer Angkatan Laut di wilayah setempat untuk dapat mengantisipasi permasalahan di wilayah laut terutama dalam bidang penegakan hukum,” pungkas JAM-Pidmil.

Menurut AM-Pidmil Mayjen TNI Dr. W. Indrajit, sosialisasi tentang ruang lingkup yang diatur dalam MoU, antara lain tentang dukungan Kejaksaan RI kepada TNI di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, khususnya bantuan hukum perdata dalam penyelesaian permasalahan aset TNI serta mekanisme pemberian bantuan hukumnya.

Selain itu, JAM-Pidmil juga menyampaikan permohonan dukungan dan bantuan personel TNI AL guna mendukung pelaksanaan tugas Kejaksaan Agung pada umumnya, dan pelaksanaan tugas Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (JAM PIDMIL) pada khususnya.

Ditempat yang sama  KSAL aksamana TNI Muhammad Ali menyatakan berterima kasih atas kunjungan JAM-Pidmil beserta jajaran dan menyambut baik atas pelaksanaan MoU yang dilakukan oleh Kejaksaan RI dan TNI. Oleh karenanya, KSAL akan menindaklanjuti pelaksanaan MoU dengan menerbitkan Surat Telegram dan Surat Perjanjian Kerja Sama.

“Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh Kejaksaan RI, kami harap agar perwira-perwira TNI AL dapat membantu mengisi ruang jabatan di lingkungan Kejaksaan Agung dalam rangka berkontribusi pada bidang penegakan hukum,”tegas KSAL.

Selain itu, jenderal bintang empat itu mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Jampidmil atas bantuan dua unit mobil tahanan dari Kejagung ksaan.

KSAL menyampaikan nantinya kedua unit mobil tahanan tersebut akan diserahkan kepada Komandan Polisi Militer TNI AL (Danpomal) (REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *