Karate Kiat Kajati Kaltim, Chairul Amir Lawan Covid 19

0
238
Kepala Kejaksan Tinggi Kalimantan Timur, DR Chairul Amir, SH, MH.

JAKARTA (BOS)–Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, DR Chairul Amir SH, MH punya kiat tersendiri untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuhnya dalam menghadapi penularan virus Covid 19 yang saat ini mewabah di Indonesia.

Yakni dengan rajin berolahraga karate melalui gerakan Suparumpai kata, Seinchin kata dan Kururunfa gata, 3 kali dalam seminggu.

“Saya lakukan minimal 3 kali seminggu setiap pulang kantor jam 4.30 sore sambil berjemur. Mengingat penetapan social distancing atau jaga jarak maka latihan Karate-Do Gojukai ini saya lakukan secara mandiri,”kata Chairul Amir saat dihubungi, Minggu (03/05).

Menurut Karateka pemilik sabuk hitam Dan IV ini, meskipun dirinya sedang berpuasa, namun kebugaran fisiknya tetap terjaga hingga saat ini. Hal tersebut tentunya berdampak positif dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara yang harus menjalankan tugas, meski virus Covid 19 sedang mewabah.

“Juga untuk kebugaran tubuh dan tentunya untuk meningkatkan imun tubuh dan alhamdulillah, walau saya sedang berpuasa, saya merasa tetap bugar dan segar sepanjang hari,”tegas Chairu Amir yang mengaku menguliti olahraga Karate sejak dari kecil

Mantan Kajati Aceh ini juga menegaskan selain berolahraga karate, dirinya juga rutin minum vitamin C dan E serta minuman tradisonal lainnya (Jahe) yang diyakininya sangat bermanfaat menolah virus Covid 19.

Jaksa peraih gelar Doktor dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dengan predikat Cum Laude melalui Disertasi yang berjudul “Perlindungan Hukum Terhadap Benda Sitaan dalam Sistem Peradilan Pidana, mengaku, selalu memperhatikan kondisi seluruh rekan-rekannya dalam menunaikan tugasnya sebagai penegak hukum disaat pandemi virus Covid19 sedang melanda Indonesia.

Protap kesehatan yang diterapkannya, lanjutnya, sesuai intruksi Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin yakni mewajibkan memakai masker, kaus tangan, jaga jarak 1,5 m dan selalu cuci tangan

“Masker kami bagikan kepada semua pegawai, hand sinitizer kami pasang di semua sudut ruangan bahkan di pintu masuk kami sediakan westapel dan sabun. Setiap jam 10 pagi semua pegawai berjemur di bawa matahari dan juga kami bagikan Vitami C dan E,”ungkap Jaksa berpangkat bintang dua

Terkait kinerja jajarannya disaat pandemi Covid 19 yang saat ini sedahg mewabah, Chairul Amir menegaskan semua tugas-tugas penyelidikan, penyidikan, penuntutan serta eksekusi berjalan dengan baik dan lancar dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dari kemenkes RI dan WHO termasuk sidang on line serta penerimaan tahap II dari penyidik secara On Line berlangsung di 13 Kejari-kejari se Kaltim dan utara setiap hari.

“Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik dan lancar hal ini tergambar dalam penyerapan anggaran per april 2010 sudah rata-rata sampai 26 %,’bebernya

Bukan hanya itu saja, sambung Chairul Amir yang juga pengemar olahraga Futsal ini menegaskan, Kejati Kaltim saat ini sudah melakukan pendampingan terhadap refocusing serta penggunanaan dana untuk Menghadapi Wabah Covid-19 APBD kaltim sebesar 336 Milyar dan kaltara 109 Milyar.

“Kami akan bertindak tegas kepada siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran pengunaan dana penanganan bencana Covid 19,”pungkas Chairul Amir yang sering meraih juara kumite maupun kata pada tahun 1980-1990, tingkat regional maupun nasional.

Sebagaimana pesan Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin kepada seluruh Kejati di Indonesia agar memberi pendampingan kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan relokasi anggaran untuk penanganan wabah Covid-19. Hingga berita ini diturunkan tercatat 10,843 kasus yang positif, 831 meninggal dunia dan 1,665 sembuh (REN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here