Tergiur Nyalon DPD RI berbagai Ormas Datangi KPU Jateng

oleh -447 views

BeritaObserver.Com, Semarang– Perwakilan berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) kepemudaan maupun ormas Islam mendatangi kantor KPU Jawa Tengah untuk mengonfirmasi syarat-syarat pendaftaran sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Tahapan pendaftaran bakal calon DPD RI di mulai 6 Desember 2022 sampai batas akhirnya di bulan Mei 2023 mendatang.

“Saat sosialisasi tahapan berlangsungnya, ada kalangan masyarakat yang tertarik mengikuti kontestasi pencalonan untuk jalur DPD RI. Mereka mengutus perwakilan untuk mencermati tahapan demi tahapan sosialisasi dan jadwal di kantor KPU jateng,”kata Anggota Divisi Teknis Penyelenggara KPU Jawa Tengah, Putnawati, Senin ( 5/12/2022 ).

Puput, begitu sapaan akrabnya, mengaku terdapat berbagai ormas kepemudaan dan ormas Islam utusan pendaftar bakal calon DPD RI yang telah berkomunikasi dengan pihaknya.

Bila dilihat dari penampilannya berbagai perwakilan ormas kepemudaan dan ormas Islam itu, ada tiga muka lama dan sisanya muka baru.

“Yang calon Incumbent ( Petahana) yang wajah-wajah baru juga ada,” cetusnya.

Sementara ketua KPU Jawa Tengah, Paulus Widiyantoro mengungkapkan, syarat dukungan bagi bakal calon DPD RI minimal 5.000 suara. Di samping itu, masing-masing kandidat yang maju pemilihan DPD RI diwajibkan memiliki dukungan suara yang menyebar di 18 Kabupaten / Kota.

“Paling tidak dukungan yang musti dipenuhi bagi setiap bakal calon untuk DPD RI itu 5.000 suara . Terus mereka juga harus punya dukungan dari para konstituen sekurangnya 18 Kabupaten / Kota. Berdasarkan pengalaman Pilkada lima tahun lalu, kuota keterpilihan DPD RI untuk wilayah Jawa Tengah ( Jateng ) hanya empat orang. Tapi kita menunggu aturan teknis kalau ada perubahan dari peraturan PKPU pusat,” terang Paulus saat memberi keterangan pada rekan-rekan media di kantornya (Why)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *