Tim Medis RS Darurat Wisma Atlet Rawat 208 Pasien Covid-19

oleh -343 views
Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang digunakan sebagai RS Darurat terkait Virus Corona atau Covid-19

JAKARTA (BOS)–Tim medis Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Utara, saat ini tengah menangani 208 pasien rawat inap terkait penyakit Corona atau Covid-19.

Dengan rinciannya, sebanyak 146 pasien dalam pengawasan (PDP), 48 orang dalam pemantauan (ODP), dan 14 pasien positif Covid-19.

“Wisma Atlet bukan untuk pasien anak atau pasien penyakit lain yang bukan Covid-19. Rumah sakit darurat ini dibentuk sejak awal untuk membantu penanganan pasien Covid-19 saja,”kata Panglima Kodam Jaya Mayor Jenderal Eko Margiyono, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/03) yang juga dihadiri oleh Sekretaris Menteri Koordinator Perekonomian Susiwijono.

Eko menegaskan untuk dirawat di RS darurat Wisma Atlet Kemayoran ada dua jalur, yang bisa dilakukan masyarakat yaitu jalur mandiri dan jalur rujukan.

Apabila melalui jalur mandiri, katanya, warga yang datang dengan gejala dan pernah melakukan kontak dengan pasien positif akan dirawat. Akan tetapi, apabila warga tersebut tanpa gejala, meskipun pernah kontak atau bahkan positif, dianjurkan untuk tetap berada di dalam rumah.

“Tentunya, (semua) harus menggunakan surat rujukan,” ujarnya.

Terkait pasien yang berada di Wisma Atlet, Eko mengatakan pasien yang dirawat dengan kategori gejala Covid-19 ringan hingga sedang. Apabila  terdapat pasien dengan gejala berat, maka akan dirujuk kembali ke rumah sakit rujukan Covid-19.

“Mari sama-sama kita patuhi aturan dan imbauan pemerintah dan disiplin melakukannya agar penyakit ini lekas berhenti penyebarannya,”pungkasnya

Hingga saat ini, kasus positif yang terjadi dibeberapa wilayah Indonesia, diketahui sebanyak 790 kasus, meninggal 58 orang dan 31 sembuh (BAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *