Zamzam Siregar: SINERGISITAS FORWAKA DENGAN KEJAKSAAN PERLU DITINGKATKAN

oleh -34 views

JAKARTA (BOS)–Ketua Forum Wartawan Kejaksaan Agung (FORWAKA) periode 2016-2018, Zamzam Siregar menegaskan dalam menyajikan berita atau informasi kepada masyarakat, Sinergisitas antara Wartawan dengan Kejaksaan sangat dibutuhkan bersama guna menghasilkan informasi yang akurat bagi masyarakat.

 

“15 tahun saya meliput di kejaksaan Agung, tentunya saya memahami betapa pentingnya sinergisitas antara wartawan yang meliput disini dengan para jaksa. Saya yakin dengan terjalinnya hal tersebut, peringkat kejaksaan dalam keterbukaan Informasi Publik, bisa seperti dulu lagi. Masuk dalam 10 besar terbaik KIP,”kata Zamzam Siregar saat memberikan kata sambutan sebagai ketua Forwaka menggantikan Syamsuri di Cirebon, Jawa Barat.

faktanya, institusi Adhyaksa dibawah pimpinan DR Adi Toegarisman dan Setia Untung Arimuladi selaku Kepala Pusat Penerangan Hukum, Kejaksaan Agung pernah masuk dalam 10 besar Keterbukaan Informasi Publik.

Menurut Zamzam Siregar yang berasal dari harian Terbit, menegaskan bahwa dalam menyajikan pemberitaan perlu keseimbangan dari berbagai nara sumber, sehingga objektifitas berita, khususnya kasus yang ditangani kejaksaan memenuhi unsur berita dan kaidah jurnalistik.

 

“Kita juga siap dikritik siapapun, bukan hanya mengkritik pihak lain,” ujar Zamzam Siregar.

20161029_181117

Sementara Kapuspenkum Kejagung, M Rum mengatakan untuk membangun  sinergitas antara wartawan dan kejaksaan seyogyanya dilandasi kesadaran bersama. Meski, diakuinya,  ogah untuk membeda-bedakan wartawan itu berasal dari media besar atau kecil. Dihadapannya semua sama, dalam mengali dan mencari berita untuk disampaikan ke masyarakat, asal menjunjung objektifitas dan akuntabilitas.

 

“Di satu sisi Kejaksaan membutuhkan wartawan sebagai kanal untuk mensosialisasikan apa yang sudah dicapai disisi lain kawan-kawan wartawan membutuhkan Kejaksaan untuk pemberitaan. Namun, pemberitaan tersebut disajikan secara objektif dan seimbang, tidak berpihak,” pungkas M Rum.

 

 

Hadir dalam acara Sarasehan yang mengambil tema’ Menjalin Sinergitas Bersama Media Massa Dalam Memberikan Informasi Kepada Masyarakat Tentang Penegakan Hukum Dengan Tetap Menjunjung Obyektivitas Dan Akuntabilitas’,  M Adi Toegarisman, selaku Jamintel, Kepala Kejati Jawa Barat, Setia Untung Arimuladi, Kordinator I pada Jamintel Febri Adriansyah dan Kepala Kejari Kota Cirebon, Kepala Kejari Kabupaten Cirebon, Kepala Kejari Kabupaten Majalengka serta para pejabat Kejati Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *