ATASI PERSOALAN HUKUM DI SINGAPURA, ATASE KEJAKSAAN SEGERA DIBUKA

oleh -336 views

JAKARTA (BOS)–Guna mengatasi persoalan hukum yang menimpa tenaga kerja Indonesia di Singapura, dalam waktunya dekat, Jaksa Agung HM Prasetyo akan membuka atase kejaksaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di negeri berlambang Singa

Hal tersebut disampaikan Jaksa Agung HM Prasetyo saat meninjau pelayanan konsuler di KBRI Singapura di sela-sela acara ASEAN Meeting of Attorneys General 2018 di Singapura, Kamis (26/07)

“Diharapkan dengan kehadiran Atase Kejaksaan yang sebentar lagi akan ditugaskan di KBRI Singapura, bukan saja dapat membantu menyelesaikan persoalan hukum para pekerja migran, tetapi juga dapat memberikan konseling dan pemahaman sehingga mereka mengetahui aturan hukum dengan benar serta hak-hak dan kewajiban hukumnya,”kata Prasetyo.

Jaksa Agung juga mengingatkan duta besar agar upaya pelayanan dan perlindungan terhadap pekerja migran dapat lebih ditingkatkan untuk memastikan agar upah yang mereka terima sesuai dengan standar dan hak dasarnya terpenuhi.

“Perlu diperhatikan mengenai kontrak kerja antara pekerja dan majikan sebaiknya dilakukan di KBRI agar dapat melibatkan agen/penyalur sehingga dapat ikut bertanggungjawab ketika pekerja migrant dirundung masalah,”tegasnya.

Selain itu, dihadapan Dubes RI di Singapura I Gede Ngurah Swajaya, Jaksa Agung menyampaikan tentang kebijakan penegakan hukum dan perkembangan hukum terkini di Tanah Air.

Jaksa Agung berharap agar duta besar beserta segenap jajarannya di Singapura gencar mempromosikan parawisata di Indonesia. Dengan demikian para pemilik modal Singapura mau menanamkan modalnya di Tanah Air.

Sementara itu, Duta besar Republik Indonesia di Singapura I Gede Ngurah Swajaya mengapresiasi langkah dan pendekatan yang dilakukan Jaksa Agung RI terhadap Attorney General Chambers Singapura sehingga dapat menyelesaikan berbagai permasalahan hukum yang terjadi di antara kedua negara (BAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *