Kasus Dugaan Pembunuhan KM 50 Segera Disidangkan Di PN Jaksel

oleh -56 views

Beritaobserver.Com–Kasus dugaan tindak pidana pembunuhan pengawal Rizieq Shihab di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek yang menjerat dua oknum Polisi, yakni Ipda M. Yusmin Ohorella dan Terdakwa Briptu Fikri Ramadhan segera disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor: 187/KMA/SK/IX/2021 tanggal 16 September 2021 tentang Penunjukkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk memeriksa dan memutus perkara pidana atas nama Terdakwa Ipda M. Yusmin Ohorella dan Terdakwa Briptu Fikri Ramadhan,”kata kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leornad Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (05/10)

Menurut Leornad, sebelumnya kasus tersebut direncanakan akan disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Namun dipindahkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor: 187/KMA/SK/IX/2021 tanggal 16 September 2021, maka Surat Keputusan Mahkamah Agung RI Nomor: 152/KMA/SK/VIII/2021 tanggal 4 Agustus 2021 dicabut.

“Dinyatakan tidak berlaku, serta menunjuk Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk memeriksa dan memutus perkara kedua tersangka,”ujar Leo.

Ditegaskanya, berkas perkara dan surat dakwaan keduanya telah dilimpahkan dan diterima langsung oleh Panitera Muda Pidana pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Atas perbuatannya tersebut, kedua tersangka disangkakan Pasal 338 KUHP jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 351 ayat (3) KUHP jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Seperti diketahui peristiwa dugaan penembakan terhadap 6 anggota laskar FPI itu terjadi pada Senin, 7 Desember 2020 dini hari sekitar pukul 00.30 di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mohammad Fadil Imran menjelaskan alasan anak buahnya mengambil tindakan itu karena mobil penyidik dipepet dan diserang menggunakan senjata api dan senjata tajam oleh 10 orang anggota FPI. Akibat kejadian tersebut 10 dari 6 orang anggota FPI tewas. Foto :Ilustrasi Pembunuhan/Palapa Pos (REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *