Peranserta Datun Kejari Sukamara Terkait Penyaluran Dan Budidaya Ikan Serta Beras Murah Ke Masyarakat

oleh -262 views

“kehadiran kami dalam kegiatan (pendampingan) ini, merupakan wujud dukungan kami selaku pengacara negara agar sosialisasi program pemerintah kabupaten Sukamara kepada masyarakat, tetap berjalan tanpa melanggar hukum”kata Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Jul Indra Dhana Nasution, S.H., M.H 

BeritaObserver.Com-Sukamara–Kinerja bidang Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Sukamara yang senantiasa memberikan pendapingan kepada Dinas Perikanan di Desa Natai Kondang Kecamatan Permata Kecubung terkait penyaluran bantuan sarana dan prasarana Budidaya Ikan Air Tawar kepada Masyarakat binaan Pokdakan prima karsa sejahtera dan jaya mina tidak pernah berhenti.

Pendampingan yag diberikan Kepala Kejari Sukamara Suhartono, SH, MH melalui bidang Datun Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Jul Indra Dhana Nasution, S.H., M.H kepada Dinas Perikanan telah terjain dari tahun 2022 hingga saat ini.

“kehadiran kami dalam kegiatan ini merupakan wujud dukungan kami selaku pengacara negara agar sosialisasi program pemerintah kabupaten Sukamara kepada masyarakat, tetap berjalan tanpa melanggar hukum,”kata Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Jul Indra Dhana Nasution, S.H., M.H dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Rabu (13/12)

Menurut Joel Indra, ada beberapa tupoksi bidang Datun yang harus dilakukan dimanapun bertugas. Yakni Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Negeri hadir dalam pendampingan pengendalian inflasi daerah yaitu Pemberian konsultasi dan mitigasi resiko terkait penyusunan program dan anggaran dalam penggunaan Dana Insentif Fiskal proses tahun 2023 yg bersumber dari Pemerintah Pusat.

Kemudian sambungnya, Pemberian konsultasi dan mitigasi resiko hukum dalam pendistribusian dan pelaksanaan program supaya tepat sasaran dan tidak terjadi penyimpangan.

“Dukungan sosialisasi program pemerintah kabupaten Sukamara kepada masyarakat jika diminta dengan menjelaskan mitigasi resiko hukum dan kewajiban akurasi dalam pelaporan dan pendampingan hukum dilarang mempengaruhi langsung (intervensi) isi program dan anggaran melainkan hanya memberikan konsultasi dan penerbitan nota pendapat Jaksa Pengacara Negara,”tegas Joel.

Sementara itu dalam kegiatan bantuan sarana dan prasarana Budidaya Ikan Air Tawar kepada Masyarakat binaan Pokdakan prima karsa sejahtera dan jaya mina bersama oleh Dinas Perikanan di Desa Natai Kondang Kecamatan Permata Kecubung,  Jul dan rekannya, Novianto Nur Prabowo, S.H aktif turut serta memberikan pendampingan sejak tahun 2022.

“Kami selalu aktif turutserta memberikan pendampingan kepada semua instansi yang memerlukan pendapingan dari kami selaku pengacara negara,”tukas Joel Indra Nasution  Bidang Datun juga ikut terlibat dalam penyaluran beras murah kepada masyarakata

Seperti diketahui sejak Kejari Sujamara selaku Kantor Pengacara Negara memberikan pendampingan kepada pemerintah setempat, sejak tahun 2022 berhasil meraih  reward penanganan inflasi daerah untuk 24 Kabupaten se-Indonesia dalam urutan ke-16 dari Kementrian Keuangan RI cq. Kementrian Dalam Negeri mendapat Dana Insentif Fiskal sebesar 10 Milyar lebih untuk penanganan tahun 2023 ini oleh 7 dinas teknis yang menangani kegiatan inflasi daerah di Kabupaten Sukamara akhir tahun ini. (REN)