Peluang 3 Pendekar Hukum Korp Adhyaksa Lolos Ke DPR RI Periode 2024-2029

oleh -616 views

BeritaObserver.Com-Jakarta-Tiga mantan pendekar hukum korp Adyaksa ikut bertarung dalam pemilihan Umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI periode 2024-2029. Ketiganya yakni, mantan Jaksa Agung Muda Intelijen, Edwin Pemimpin Situmorang, mantan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Adi Toegarisman dan Staf Ahli Jaksa Agung RI bidang Pembinaan, Mangihut Sinaga.

Bagaimana peluang ketiganya untuk lolos sebagai anggota legislatif yang berkantor di gedung ‘kura-kura’ Senayan, Jakarta,  hasil penghitungan sementara versi Real Count Komisi Pemilihan Umum tanggal 20 Februari 2024 pukul 7.00 WIB.

Edwin P Situmorang

Yang pertama mantan Jaksa Agung Muda (JAM) Intelijen, Edwin Pamimpin Situmorang. Pria berdarah Batak ini maju dari partai Nasional Demokrat (Nasdem) Dapil Sumut 1. Dari 10 Caleg partai Nasdem yang bertarung di dapil tersebut, Edwin meraih 6.182 suara dibawah posisi Prananda Surya Paloh. Putra Suyra Paloh meraih 15.664 suara.

Sementara dari keseluruhan caleg partai lain, Edwin menduduki posisi nomor 15. Posisi pertama diraih dari partai PDIP, Sopyan Tan dengan 34.910 suara. Perolehan suara dan posisi masih bisa berubah.

Redaksi mencatat berdasarkan dari hasil penghitungan sementara real count KPU, 20 Februari pukul 07.00 progres 5593 dari 15731  TPS (35.55%).

Peluang Adi Toegarisman

Lanjut ke posisi pendekar hukum korp Adhyaksa yakni mantan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Dr HM Adi Toegarisman, yang diusung Partai Demokrat maju dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur VI, meliputi Kabupaten Tulung Agung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Blitar dan Kota Kediri, meraup suara pemilih sebanyak 41.667.

Adi yang juga pernah menjabat sebagai Jamintel meraih peringkat pertama di antara Caleg separtainya. Sementara dari caleg lain, Adi menduduki posisi nomor 13. Posisi pertama diduduki dari partai Golkar, M Sarmudi dengan meraih 141.294 suara.

Pria kelahiran Madura, masih terbuka lebar menuju Senayan lantaran penghitungan suara masih terus berlangsung meskipun peluang untuk lolos ke Senayan sangat kecil. Namun semuan itu bisa saja berubah lantaran penghitungan resmi dari KPU masih terus berlangsung.

Berdasarkan data yang diperoleh sementara dari real count KPU, 20 Februari pukul 07.00 proggres 10814 dari 12955 TPS (83.47%),

Posisi Mangihut Sinaga

Terakhir Pendekar hukum dari korp Adhyaksa, Mangihut Sinaga yang terakhir menduduki jabatan di Kejaksaan sebagai Staff Ahli Jaksa Agung Bidang Pembinaan. diusung dari partai Golongan Karya (Golkar), dari Dapil Sumatera Utara III dengan nomor urut 7 meraup 35.787 suara.

Pria berdarah Batak ini dikenal dermawan dan bergereja di HKBP Jatisampurna, ini menduduki posisi kedua dari partainya sendiri. Kalah dari rekan separtainya, yakni H Ahmad Doli Tanjung yang memperoleh 39.630.

Namun dari seluruh secara caleg peserta yang bertarung dari Dapil 3 yang kerap dijuluki “neraka”lantaran dapil tersebut diisi oleh politisi senior dari Partai Politik yang sudah beberapa kali lolos ke Senayan.  Mulai dari Junimart Girsang, Syaiful Jarot dari parta PDIP.

Berat bagi caleg yang pertama kali turun gunung memasuki kancah politik yang penuh dinamika dalam meraih suara di dapil tersebut. Perlu diketahui, Mangihut Sinaga baru pertama kali terjun ke Parpol.

Meskipun demikian, peluang suami Dra Linda br Napitupulu lolos ke Senayan terbuka sangat lebar. pasalnya ayah 3 anak ini berada diposisi ke 2.  Apalagi kursi yang diperebutkan sebanyak 10 kursi. Data ini diperoleh dari penghitungan sementara KPU Proggres 7039 dari 14554 TPS (48.36%)

Kita Tunggu saja, penghitungan terakhir dari KPU, siapa pendekar hukum dari korp Adhyaksa yang menjadi wakil rakyat pasca purnawirawan dari institusi Kejaksaan (REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *