Dinilai Abaikan Arahan Presiden, Kejati DKI Bisa Dikenai Sanksi

oleh -67 views

Beritaobserver.Com–Pengamat kebijakan publik dari Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menyayangkan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menggelar halal bi halal di Halaman Kantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Gedung IM2, Jakarta, Rabu (18/05).

Menurut Jerry Massie apa yang dilakukan Kejati DKI Jakarta, terkesan mengabaikan perintah Presiden Joko Widodo yang sebelumnya melarang instansi pemerintah menggelar acara tersebut dengan alasan pandemi Covid19, masih terus terjadi, meskipun penyebarannya sudah mulai menurun.

Sinyal Kejagung tidak menggelar kegiatan halal bihalal juga pernah disampaikan pejabat Kejaksaan. Namun kenyataannya, Kejati DKI Jakarta tetap menggelarnya.

“Siapapun harusnya taat akan perintah Presiden. Sehingga pihak manapun tidak boleh melanggar termasuk dalam hal menggelar kegiatan halal bi halal yang dilakukan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Harusnya ada punishment (sanksi) biar ada efek jera. Kalau tegur itu tak mempan maka diganti pimpinannya atau ada cara yang lain. Masa bawahan tak taat perintah Presiden,”kata Jerry Massie saat dimintai tanggapannya, Kamis (19/5/22),

Jerry mempertanyakan janji dari Presiden Jokowi yang melarang kegiatan halal bi halal.

Jerry mengungkapkan, adanya halal bi halal yang digelar Kejati DKI Jakarta maka menunjukkan sebuah tindakan ceroboh dan gegabah. Oleh karena itu Kajati DKI Jakarta harusnya taat akan perintah Presiden.

Menurutnya, pimpinan di Kejati DKI Jakarta pantas diberikan punishment agar ada efek jera.

“Agak fatal jika ada pejabat tak mengindahkan arahan Presiden. Ini bagian pembangkangan dan menggangap remeh Presiden. Jadi Jokowi harus bertindak, selama ini banyak kebijakan bertentangan dengan perintah Presiden dan ada yang bertindak di luar tupoksi mereka,” tegasnya.

Diketahui, Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menggelar Halal Bi Halal dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, yang diikuti oleh seluruh pimpinan, pegawai Kejati DKI dan IAD wilayah Jakarta. Acara Halal Bi Halal dan Pengajian bertempat di Halaman Kantor Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Gedung IM2, Jalan Kebagusan Raya Nomor 36 Jakarta Selatan.

Acara Halal bi Halal tersebut dihadiri Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Febrie Adriansyah sekaligus memberikan sambutannya.

“Sementara ceramah Hikmah Halal bi Halal dibawakan oleh Ustad H Taufik Hidayatullah, Pengurus MUI Kelurahan Kebagusan,” kata Kasi Penkum Kejati DKI Jakarta, Ashari Syam dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/05/2022).

Dalam acara Halal bi Halal, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Reda Manthovani menyampaikan sambutan tentang perayaan hari raya Idul Fitri atau lebaran dapat diambil hikmah dalam meningkatkan etos kerja.

“Pada intinya mengharapkan jajarannya agar mengambil hikmah dari perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah dengan makin meningkatkan etos kerja dan menjaga citra institusi,” ucap Reda dalam sambutannya (ANT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *