Pelayanan Tilang, Goes To Mall, Wujud Kepedulian Kejati DKI Jakarta Terhadap Masyarakat

oleh -72 views

Beritaobserver.Com, Jakarta–Satu lagi inovasi terbaru diluncurkan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta (Kejati) dalam membantu masyarakat ibukota saat mengurus pelanggaran berlalu lintas.

Inovasi tersebut bernama Pelayanan Tilang Goes To Mall hadir di Metro Kebayoran Mall, Ciledug Raya, Jakarta Selatan.

Sebelumnya di lima Kejaksaan Negeri DKI Jakarta, pelayanan tilang online sudah diterapkan dimasing-masing wilayah. Namun, hal tersebut dianggap belum maksimal. Alasannya, jika seorang warga yang berdomisili di Jakarta Barat melakukan pelanggaran lalu lintas di wilayah Jakarta Timur, atau warga yang berdomisili di wilayah lain, tentunya akan menyulitkannya ketika mengurus denda tilangnya.

“Dalam rangka mengintegrasikan agar mempermudahkan masyarakat pelaku pelanggar lalulintas mengurus surat tilangnya. Sebagai contoh Kalau warga Jakbar ditilang, ditilang di Jaktim, bisa mempermudah mengambil surat yang ditilang,”kata Reda Mantovani saat melaunching pelayanan tilang Goes To Mall di Metro Kebayoran, Jakarta, Senin (20/06).

Selain itu, sambung Reda yang didampingi wakilnya, Patris Yusrian Jaya, Asisten Pidana Umum, Anang Supriatna dan seluruh Kepala Kejaksaan Negeri dan Kasie, mengatakan dengan adanya pelayanan tilang Goes To Mall, juga menghindari calo-calo Tilang.

Terkait dibukanya Pelayanan Tilang Goes To Mall di wilayah lain, Reda mengatakan, akan melihat sejauh mana animo masyarakat terhadap keberadaan Goes To Mall di Metro Kebayoran.

“Ini proyek percontohan, ditempat lain jika animo masyarakat banyak tidak tertutup kemungkinan dibuka ditempat lain,”tegasnya sambil berharap masyarakat mengetahui pelayanan kejaksaan yang mempermudahkan masyarakat dalam mengurus surat yang ditilang.

HARI LIBUR TETAP BUKA

Sementara itu, Asisten Pidana Umum, Anang Supriatna mengatakan, Goes To Mall merupakan salah satu bentuk layanan publik dari Kejaksaan dalam rangka memudahkan masyarakat mengambil barang bukti tilang di seluruh wilayah hukum kejati DKI di satu tempat yakni di grand Mall kebayoran.

“Sehingga warga yang kena tilang tidak perlu mengambil ke kejari- kejari Se DKI, tapi cukup di Mall Metro Kebayoran Mall, Ciledug Raya, Jakarta Selatan,”ujarnya.

Anang yang dinilai berhasil memimpin Kejari Jakarta Selatan terkait WBK dan WBBM menegaskan, di hari libur pun, yakni sabtu dan minggu tetap melayani. Syaratnya para pelanggar lalin, terlebih dahulu membayar bukti ke bank bahkan disediakan juga mesin edisi pembayaran tentunya dengan melalui ATM untuk memudahkan pembayaran.

“Bukan hanya hari kerja, hari libur, Sabtu dan Minggu pun kami tetap melayani masyarakat yang hendak mengurus surat tilangnya,”tegas Anang

Caranya, lanjut, Anang, para pelanggar menghubungi nomor hotline via WhatsApp, disertai dengan foto berkas tilang dan bukti pembayaran denda sehari sebelum ke gerai di Kebayoran.

Admin tilang langsung mengklarifikasi data pemohon, jika data sesuai, admin tilang menginformasikan kepadap pemohon jadwal pengambilan berkas ke pemohon.

Selanjutnya, pelanggar datang ke Metro Kebayoran Mall untuk mengambil barang bukti (SIM atau STNK) yang ditilang petugas.

Selain itu, Kejati DKI Jakarta juga membuka pelayan dan pengaduan Tilang dengan nomor 081210506022.

“Kamu berharap apa yang Kami lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak. Sebagaimana perintah Jaksa Agung dan Kajati DKI, kami selaku Aparatur Sipil Negara ingin berkontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para pelanggar lalulintas di Jalan raya yang sedang mengurus surat tilangnya. Kita juga punya rasa kepedulian melihat kesulitan masyarakat,”tukas Anang.

Sementara itu, Direksi dan Pemilik Metro Kebayoran Mall, Sony Kusumo dan Tety K. Wijaya berharap keberadaan gerai Pelayanan Tilang di Mall ini, bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya para pelanggar lalin.

“Semoga pelayanan tilang di mall ini bermanfaat bagi masyarakat,”ucap Sony Kusumo. (REN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *