KAJATI DKI JAKARTA TINJAU RENOVASI STADIUN GBK DAN WISMA ATLET

oleh -507 views

JAKARTA (BOS)–Renovasi stadion utama Gelora Bung Karno, Senayan , Jakarta yang akan dipergunakan untuk perhelatan olahraga Asian Games 18 Agustus 2018 yang akan datang, diperkirakan dalam waktu dekat sudah selesai tepat waktu.

Hal tersebut tidak terlepas dari peranserta Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta yang mengawasi proses pembangunan.

Perlu diketahui, pembentukan TP4D itu merupakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7/2015 tentang Aksi Pemberantasan dan Pencegahan Korupsi.

Atas dasar itulah Jaksa Agung membentuk TP4D guna memberi pengawalan dan pengawasan dari TP4D yang terdiri atas unsur intel, pidana khusus (pidsus), serta perdata dan tata usaha negara (datun) kejaksaan,. Diharapkan tidak ada lagi penyimpangan anggaran daerah oleh para pejabat negara.

“Saya dan TP4D menilai renovasi ini krusial, jadi meninjau untuk mengetahui bagaimana perkembangannya,” kata kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Tony Spontana, bersama Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), saat meninjau perkembangan proyek renovasi stadion Gelora Bung Karno (GBK), Rabu kemarin.

Dari hasil peninjauan tersebut, TP4D memperoleh informasi dari pihak terkait bahwa proses renovasi sudah berjalan sekitar 80 persen, dan 20 persen lagi masih terkait finishingnya, seperti kursi dan lampu-lampu yang standar internasional.

“Sesuai target, mudah-mudahan renovasi stadion ini selesai pada Desember 2017 mendatang, termasuk lingkungan sekitarnya,” katanya.

Toni juga merasa optimistis, bahwa kegiatan pengerjaan renovasi itu tanpa adanya penyimpangan. Karena itu, pihaknya mengharap kecermatan didalam pelaksanaannya.

“Saya berkesempatan melihat langsung renovasi Stadion GBK menambah kepercayaan dan memastikan tidak ada kerugian negara atau penyimpangan korupsi,” kata Kajati dengan tegas.

Dilain pihak, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sri Hartoyo, memastikan renovasi ini akan selesai pada 31 Desember 2017 mendatang.

Adapun pemeliharaan Stadion GBK sendiri akan dilakukan oleh kontraktor sampai terselenggaranya pesta olahraga Asia.  “Dana renovasi ini menelan biaya sebesar Rp700 miliar,” katanya.

Adapun pengerjaan lain untuk kegiatan Asian Games adalah Stadion Renang, yang baru berjalan 68 persen, lapangan hoki dan panahan sudah selesai baik menggunakan rumput sintetis maupun rumput asli.

Selanjutnya, pengerjaan lokasi bulutangkis sudah 82 persen tinggal penyelesaian, lapangan tenis 98 persen, stadion madya 42 persen termasuk lapangan baseball, serta basket 42 persen.

Selain itu, GBK TP4D juga meninjau pembangunan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Seperti diketahui TP4D dibentuk Jaksa Agung, HM Prasetyo sebagai jawaban atas kekhawatiran para pejabat pusat dan daerah akan dipidanakan, menyusul aturan Gubernur, Walikota dan Bupati dalam melaksanakan program atau proyek pemerintah. Akibat keengganan itu, penyerapan anggaran pemerintah di pusat dan rendah (ANTONI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *